Palekko jadi makanan favorit

by - 17.52



Hallo semua!
Semoga sehat selalu yah, kali ini saya ingin share list makanan favorit, salah satunya palekko. Makanan khas Bugis yang bahan dasarnya ayam dan bikin lidah pengen nambah terus, asli. Kalo dikasih nilai dari 1-10, saya 9,5 yeah. 

Pertama kali coba palleko saat ke Pinrang  sekitar 2015 acara walimahannya teman, asli saya penasaran. Kok bisa enak kaya gini. Selain itu juga teman kantor sering bawakan kalo mereka pulkam. Nanya resepnya sama mereka, ternyata bahan-bahannya mudah di dapat.  Maunya langsung praktekkan. Tapi entahlah, hanya sampai ingin😊.

Berkah dari pandemi, saya mulai mencoba menuangkan hobby yang belum tersampaikan. Ahhh!!
Menyiapkan semua bahan, bahan utamanya ayam saya beli di gyam, udah sekalian dipotong-potong sama mas2nya sesuai selera kita, bahan lainnya udah ada semua di rumah tinggal di praktein. Yuk mari:

Siapkan semua bahan-bahannya :
1. Ayam  1/2 kilo
2.  Asam jawa  20 gr
3.  Kunyit bubuk
4.  Cabe 
5.  Bawang putih 5 siung
6.  Merica 1 sdm
7. Lengkuas 2 batang
8. Garam 
9. Penyedap rasa (opsional)
10. Air 

Cara penyajiannya :

1. Dicuci bersih ayam yang udah dipotong dadu 
2. Lalu direndam dengan asam Jawa dan garam 1 sdm sekitar 5 menit.
3. Haluskan cabe secukupnya , baput dan  merica. 
 (Biasanya saya pake tumbukkan biar bumbunya masih terasa)
4. Panaskan wajan lalu masukkan ayam yg udah direndam, tambahkan sedikit air lalu masak sampai warnanya kekuningan.
5. Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan tadi, tambahkan kunyit bubuk, garam dan penyedap rasa secukupnya
6. Masak sampai 15-30 menit, hingga bumbunya meresap.

Palleko ala Nurul siap disantap.
Mudahkan?
Tinggal kumpulkan niat lalu action
Selamat mencoba.







You May Also Like

2 komentar

  1. wiiih yummi jadi pingin coba palekko, makasih resepnya Kak
    salam kenal Kak

    BalasHapus

Pembaca yang baik adalah yang meninggalkan jejak.
terimakasih^_~